OMG!!! Siswi SD Kelas 1 Berantem!

Jaga adik-adik kamu kalo lagi nonton film atau main game.  Karena gara-gara dua alat tersebut seorang anak bisa terbawa emosinya ke dunia nyata sehingga apa yang dia lakukan seakan-akan serupa dengan apa yang dia tonton.

Ada berita mengenaskan dari Surabaya.  Dua orang siswi (berarti cewek loh ya) berantem sampai masuk rumah sakit.  Dan yang bikin miris dua orang siswi tersebut masih KELAS 1 SD…Gila!!  Pikiran dari mana tuh yang bikin anak seusia itu berantem sampe hampir bunuh-bunuhan.

Awalnya satu orang di dorong kemudian ditendang selangkangannya sampai terjadi pendarahan. Wah, itu berantemnya gara-gara apa ya…? Masa iya berebut permen? kayaknya bukan dech…

Coba nih cek cuplikan beritanya :

[ Read More → ]

Surabaya (ANTARA) – Gugatan korban dalam kasus perkelahian antarsiswi SDK Yohanes Gabriel didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin.

Joni Iwansyah selaku penasihat hukum korban berinisial MJ mengajukan gugatan perdata terhadap pelaku berinisial BM.

“Dalam gugatan ini kami mengajukan ganti rugi biaya perawatan dan biaya perawatan lanjutan sebesar Rp27.273.800,00,” kata Joni.

Gugatan itu diajukan karena MJ mengalami cedera pada bagian selangkangan dan pinggul akibat terkena tendangan BM.

“Gugatan kami pun telah diregister oleh PN Surabaya,” katanya seraya menunjukkan salinan surat gugatan dengan nomor register: 664/Pdt.G/2010/PN.Sby itu.

Dalam surat gugatan itu dijelaskan bahwa perkelahian antarsiswi SDK Yohanes Gabriel terjadi pada 25 Februari 2010. Saat jam istirahat, BM yang duduk di kelas I-A mendorong MJ, siswi kelas I-B.

Korban jatuh terjengkang. Dalam posisi terlentang, BM menendang bagian selangkangan MJ dan ditinggal lari ke dalam ruang kelas.

MJ pun kesakitan akibat pendarahan. Gadis yang tinggal bersama kedua orang tuanya di Jalan Ploso Timur itu langsung dilarikan ke RS Adi Husada.

Korban menjalani rawat inap selama tujuh hari.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dan foto rontgen, diketahui tulang pinggul dan tulang vagina MJ retak,” kata Joni mengungkapkan.

Setelah dinyatakan sembuh, korban diperbolehkan pulang. Namun, korban sering kali mengeluh setiap kali buang air kecil sehingga harus kontrol secara rutin.

Selama menjalani perawatan, keluarga korban menanggung sendiri biayanya dibantu pihak sekolah. Keluarga korban sempat mengajukan permintaan ganti rugi kepada keluarga BM.

“Namun pihak keluarga pelaku, tidak bersedia membantu biaya pengobatan,” kata Joni.

Dinggap tak memiliki itikad baik, penasihat hukum korban pun mendaftarkan gugatan terhadap keluarga pelaku melalui PN Surabaya.

——————-

Ya ampun….Yuk mulai sekarang kita jaga adik-adik kita yang kecil dari tontonan yang merusak.  Film-film kekerasan dan game-game yang menampilkan adegan perkelahian berpotensi besar menjadikan adik-adik kita seperti kasus di Surabaya itu.  Kita juga lebih tidak berantem di depan mereka, karena apa yang meereka lihat itulah yang mereka tiru.  Kalau sudah urusan pengadilan, berabe deh jadinya.  Masa masih kelas 1 SD udah naik meja hijau….serem kan.

Iklan

Belanja Bijak : Belanja Tepat, Belanja Hemat

Masuk bulan Ramadhan, jujur saja, yang ada di pikiran Mas adalah bagaimana saat Lebaran nanti Mas bisa punya baju baru (yang bagus), pernak-pernik baru (sepatu baru, kacamata baru, jam tangan baru, peci baru, sarung baru), kamera baru, komputer baru, TV baru, bahkan kalau bisa rumah baru dan pacar baru. hehehe…

Tapi sebenarnya, kalau Mas pikir-pikir lagi, apa yang ada di pikiran Mas tersebut nggak sepenuhnya dibutuhkan.  Habis bagaimana donk, kalau jalan-jalan ke mal hampir semua outlet pasang papan gede-gede, “Diskon!!”.  Bikin ngiler kan…?

Diskon yang beraneka ragam

Tradisi banyak belanja menjelang Lebaran memang sudah jadi hal biasa.  Tapi kalau terus dibiasakan, apakah kita mau terbiasa menjadi orang yang boros, yang suka belanja berlebihan? Nggak donk…!

Asal tahu saja ya, ternyata memasang info ‘DISKON’ selama bulan Ramadhan adalah sebuah trik yahud dari pedagang untuk memanfaatkan animo masyarakat.  Tahu sendiri kan kadangkala kita seperti kesurupan kalau sudah melihat kata ‘DISKON’, apalagi jika besarannya di atas 50%. Wah, bisa kalap kita.

Ini pengalaman Mas pribadi waktu lihat outlet Wrangler nempelin stiker ‘DISKON’ di kaca etalasenya.  Mas langsung penasaran pengen tahu berapa kisaran harga celana jeans di Wrangler.  Dan begitu Mas lihat, alamak!!! Harga aslinya 250K buat sepotong celana, padahal Diskonnya cuma 20%, berarti ya masih 200K kan….?

Atau waktu nggak sengaja lihat papan ‘Diskon 70%’ di outlet Matahari.  Pas dicheck harga sebuah vest masih 178K, berarti harga awalnya 302,5K dong…Ckckck!! Masih kemahalan buat kantong Mas yang emang tipis.  Apalagi belum dapet THR nih…hehehe.

Memang kita perlu waspada.  Terkadang trik menarik perhatian pembeli ini bisa berujung pada penipuan.  Biasanya, para pedagang akan pasang harga tinggi dua sampai tiga bulan sebelum Ramadhan, dan akhirnya dijatuhinlah harganya pas mepet-mepet lebaran.  Jadi sebenarnya, diskon sampai di atas 50% itu boleh dibilang mustahil.  Coba deh bayangin kalau kita yang jadi penjualnya, waktu kita beli stok barang dulu harganya berapa eh masa didiskon sampai lebih dari separuhnya. Mau nggak? Kalau Mas sih ogah!!

Selain trik memajang tulisan ‘DISKON’ di outlet, ada beberapa trik lain yang biasanya dipakai oleh para pedagang.  Pasti kita pernah bertemu bandrol harga yang diakhiri dengan 800, 899, 900, atau 999.  Contohnya, waktu awal pembukaan puasa Mas melihat ada bandrol sebuah kaos dengan tulisan, “Hanya Rp 49.800,-”.  Nah loh, itu kan sebenarnya kalau dibulatkan sama dengan 50K. Memangnya ada ya Mal yang mau kembaliin 200 rupiah? Ada juga yang lebih sadis, harga sebuah kemeja di Pojok Busana tertulis dengan bandrol Rp 89.999,-.  OMG! Itu kan sama saja dengan 90K.  Tapi kadang kita cuma melihat depannya saja.  Biasanya kita bilang, “Ah, cuma 40ribuan. Yuph, cuma 80ribuan.”

Trik lain ada yang menggandakan jumlah barangnya.  Misal, kalau kita beli satu botol sirup harganya Rp 12.500,-, tapi kalau kita beli dua harganya cuma Rp 24.000,-, dan kalau kita beli tiga harganya jadi Rp 34.500,- apalagi kalau beli empat harganya Rp 44.000.  Sekilas memang lebih murah, tapi sebenarnya itu adalah trik pedagang agar arus stok barang lebih cepat.  Coba deh dipikirin perlu nggak sih kita beli sirup sampai empat botol? Buat dagang kali ya…?

Nah, permainan harga macam ini, kata Bang Farid Wajdi –Direktur Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK), punya akibat hukum kalau sampai merugikan konsumen.  Menurut Bang Farid, banyaknya iklan yang berselimut dusta dan bersifat menipu, bisa membuat pelakunya (-pedagangnya) dijerat ancaman pidanya sesuai dengan UU nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dan kalau terbukti membohongi konsumen, pelakunya bisa dipidana penjara paling lama dua tahun atau pidana denda sebesar Rp 5 Miliar. Wow, syeremmm….!!

“Hukuman ini memang perlu dijatuhkan agar ada efek jera bagi pelakunya dan konsumen pun terlindungi,” katanya.

Nah berarti kita sebagai pembeli kudu waspada dan hati-hati nih, kita berhak melaporkan para pedagang iseng yang sukanya bohongin konsumen.  Barang abal dibirang obral, barang bekas dibilang cuci gudang.  Wew…

Ada beberapa tips biar kita bisa tetap belanja dengan fun namun bijak, tepat dan hemat.  Coba tengok tipsnya :

  1. Sebelum ke mal (atau ke pasar, atau ke toko), kita kudu bikin SKALA PRIORITAS.  Barang apa ajah yang sebenarnya kita butuhkan catet deh di kertas atau note di hape.
  2. Biasakan buang air sebelum jalan-jalan.  Karena toilet umum hampir semuanya bayar.  Selain pemborosan, nggak nyaman juga buang air di tempat umum.
  3. Bawa uang dengan jumlah SANGAT SEDIKIT.  Buat jaga-jaga lebihkan secukupnya saja.  Kalau kita mau beli baju yang kisaran harganya 50K ya gak usah bawa duit sampai 2 juta.  Yang ada kita beli sama penjaganya sekalian.  (^.^)v
  4. Begitu sampai mal, CARI SAMPAI DAPAT barang yang kita butuhkan.  Jangan kebanyakan mampir.
  5. Pilih barang berdasarkan kualitas dan kebutuhan, bukan harga dan tampilan semata.  Jadi jangan beli kutang seharga 400K kalau sebenarnya itu kutang tidak akan pernah kita pamerin ke orang-orang.  Ya iyalah, mana mungkin kita pamerin kutang!!!
  6. Untuk mendapatkan kualitas bagus dengan harga terjangkau, coba cek barang serupa di dua atau tiga outlet yang beda.  Misalnya kalau kita mau beli kemeja, lihat di outlet Executive atau Maxim (biasanya barangnya berkualitas prima dengan harga yang tinggi) dan bandingkan dengan Matahari atau Pojok Busana.  Dengan begitu kita tahu barang seperti apa yang berkualitas dan harganya terjangkau.
  7. Belanjalah bersama orang yang bisa mengontrol hasrat membeli kita yang membabi buta.
  8. Kalau belanja di bulan puasa, belanjalah pada siang hari.  Selain sepi dan tenang, kita tidak akan tergoda untuk beli cemilan atau minuman.  Jadi hemat kan.
  9. Windows shopping boleh-boleh saja asal kita bisa kuat nahan tangan gatel kita buat keluarin dompet.  Alternatif lain daripada lihat barang di outletnya mending lihat yang jagain tuh barang, lumayan buat cuci mata…XP (hush!)
  10. Setelah selesai belanja, selesai pula kegiatannya.  Jadi langsung pulang dan nggak pake mampir lagi.  Kecuali kalau kamu kena tilang dan harus mampir di pos polisi prapatan.

Wokeh, mulai sekarang yuk kita sama-sama belanja dengan bijaksana : belanja yang tepat dan hemat.  Gak lagi belanja membabi buta dan berlebih-lebihan, karena Tuhan itu paling nggak suka dengan orang yang berlebih-lebihan.

Written by Noboru Akabara on WordPress.com

source : http://regional.kompas.com/read/2010/08/22/18204225/Waspadai.Program.Diskon

Penyebab Lelah dan Capek. ADUH CAPEK DEH!

Sering banget denger orang ngomong “Capek banget dech!”, atau “Hari ini gue bete, capek banget pokoknya!”

Nah, loh!

Kenapa tuh kok capek terus…

Kalau kita habis marathon 7 kilo atau abis ngangkut pasir satu truk (buset! satu truk diangkut!!) ngerasa capek sih BIASA BANGET! Tapi kalau kita nggak melakukan aktivitas yang berat ternyata merasa capek juga (lelah sepanjang zaman. hehe…), Nah, kita kudu cek tuh apa penyebabnya…Jangan-jangan ada penyakit yang berbahaya loh…ih, kok jadi serem.

Tapi memang, ada beberapa penyebab yang menjadikan kita merasa lelah dan capek meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga berlebihan, kerja kuli, atau jadi tukang panggul dan tukang becak.  Yuk kita lihat apa ajah yang menyebabkan kita lelah padahal seharian santainya minta ampun.

1. Tidur kita kurang

Rata-rata orang kudu tidur sekitar 7-8 jam semalam (bukan seharian). nah kalau tidur kita kurang otomatis pagi harinya kita bakal merasa capek, letih, lesu, dan tidak bergairah. Banyak dampak buruknya, seperti : di kelas, ngantuk (nggak bisa konsentrasi); di kantin, lemes (makan nggak nafsu); saat ulangan matematika, ngantuk (yang lain udah selesai kita malah molor); di jalan, tidur (waduh, jatoh dah dari sepeda or motor–serem kan).

Makanya kita kudu menyiasati waktu tidur kita.  Nggak usah deh nonton sinetron sampe tengah malam, atau main game sampe pagi.  Apalagi yang hobinya ngenet dan chat sampe subuh.  Nantinya di sekolah malah cuma numpang tidur, pura-pura sakit biar bisa seharian di UKS.  Dan kalo mau tidur juga jauh-jauh tuh dari handphone, PDA, laptop, BB, komputer, tv, dvd, cd player, PSP, xbox atau PS3.  Selain karena bikin tidur kita terganggu, kita juga jadi terlihat seperti tidur di gudang.

2. Sleep Apnea

Udah tidur kita kurang, eh kualitas tidur kita dicolong sama “Sleep Apnea”.  Alhasil kita nggak bisa tidur nyenyak sampe pagi. Btw Sleep Apnea tuh siapa ya…?

Sleep Apnea tuh keadaan sulit bernafas (nafas terhenti beberapa detik) saat tidur.  Wew, kalo tuh nafas berhentinya terus-terusan bisa berabe donk, kalo mokat gimana? Sleep apnea terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Akibatnya, pasokan oksigen akan berulang kali terhenti sepanjang malam.

Nah, Sleep Apnea ini ada kaitannya dengan ehem, berat badan, darah tinggi, gangguan jantung, diabetes dan stroke.  Makanya buat yang rada maaf–‘gemuk’, kurangi berat badan dan olahraga secara teratur biar jantung sehat.  So Sleep Apnea bakalan minggir dari tidur kita.

3. Kurang asupan energi

Mengurangi berat badan (diet) bukan berarti mengurangi makan secara drastis.  Karena kalau makan kita juga kurang (kurang asupan berprotein), badan kita juga bakal cepat lelah.  Jadi makanlah makanan yang sehat dan bernutrisi, jangan sering ketinggalan makan, selain beresiko terkena maag juga mengganggu kesegaran tubuh kita.

Nah, selalu sarapan setiap pagi dan mencoba menambahkan protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. kitajuga dapat mengonsumsi makanan selingan untuk menjaga energi sepanjang hari. Oke…?

4. Anemia

Kurang darah (biasanya cewek nih pas lagi haid) bisa menyebabkan keletihan dan capek sepanjang hari (makanya suka ngomel-ngomel terus..hehehe).  Tapi bukan berarti anemia tidak bisa menyerang cowok.  Anemia sendiri adalah kurangnya zat besi dalam darah, jadi cewek atau cowok bisa jadi kena anemia.

Supaya kebutuhan zat besi dalam darah terpenuhi, maka kita kudu makan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, atau kalau perlu minum deh tuh suplemen penambah zat besi biar badan gak cepat capek.

5. Depresi

Mau sekolah, stress.  Bayangin gurunya yang killer abis dan pelajaran yang nggak asik.  Mau ulangan, lebih sress lagi.  Bayangin kalo soalnya susah, pengawasnya galak, dan nilai kita anjlok.

Waduh, kenapa juga dibuat susah.  Sekolah itu bukan tempat buat bersusah payah, tapi tempat buat belajar dan gaul.  So, santai ajah, cuek dan pede serta yakin pada diri sendiri.  Depresi atau stress itu tergantung pikiran kita, kalau kita selalu berpikir negatif, maka kita bakalan stress dan depresi tingkat tinggi  (nanti malah kena stroke loh!!). Makanya badan kita tuh rasanya capek banget dan lelah seharian.

Kalau kita sering merasa depresi dan stress bolehlah kita ikut psikoterapi atau penanganan medis yang berkaitan dengan hal tersebut.  Latihan berpikir positif akan mengurangi tingkat depresi kita.

6. Kebanyakan ngopi

Ngopi di sini bukan photo kopi lembar kerja atau makalah.  Tapi kebanyakan minum kopi (yang mengandung kafein) bisa bikin kita malah lelah dan capek.

Emang sih, kata orang-orang tuh minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, tapi itu dalam batas normal loh.  Kalo minumnya segalon atau malah seember, jadi kebanyakan kafein deh, akibatnya jantung jadi berdebar-debar, tekanan darah meningkat, atau malah kejang.

Nggak mau kan, makanya kurangi deh minum kopi atau minuman lain yang juga mengandung kafein seperti teh, coklat, minuman ringan dan beberapa obat yang emang mengandung kafein.

7. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kamu pernah mengalami ISK? Rasanya biasanya nyeri dan terbakar di saluran kemih.  Tapi ternyata gejalanya nggak cuma itu aja chuy, cepat lelah dan capek juga bisa menjadi gejala terkena ISK. Ih, waw.

Coba deh periksa ke dokter (tes urine), kalau memang kamu terkena ISK bakal diresepkan obat-obat jenis antibiotik untuk mengatasi si ISK dan rasa mudah lelah dan capek pun bakal segera hilang setelah seminggu atau lebih.

8. Diabetes

Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, Nah, tapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi.

Akhirnya, tubuh bisa kehabisan energi meskipun kamu cukup makan. Kalau kita sering mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas, segera deh periksa darah (tes diabetes).

Kalo udah kena diabetes, coba ubah gaya hidup kita, diet dan olahraga teratur, terapi insulin dan obat-obatan bisa membantu tubuh kita dalam memproses gula.

9. Dehidrasi

Rasa capek dan lelah bisa jadi karena kita dehidrasi.  Meskipun kita cuma duduk-duduk seharian di sekolah bukan berarti kita tidak bisa dehidrasi.  Tubuh kita butuh asupan air mineral (air putih) yang cukup untuk membantu proses metabolisme.  Salah satu tanda kita dehidrasi adalah rasa haus.

Dalam sehari kita perlu meminum banyak air putih sampai urine kita berwarna kuning jernih.  Kalau kita pipis dan urine kita berwarna kuning pekat, itu artinya kita kurang minum air putih.  Minumlah air putih setiap jam sebanyak dua gelas, dijamin kita nggak bakalan dehidrasi dan merasa capek berlebih.

10.  Penyakit Jantung

Kalau ngepel satu sekolah, wajar ajah kita kecapekan.  Tapi kalau cuma ngepel satu kelas terus rasanya kayak maraton puluhan kilo, itu baru nggak wajar.  Jangan cuek sama kondisi tubuh sendiri, begitu kita sadari pekerjaan yang ringan terasa sangat berat berarti kita perlu chek up ke dokter, kali ajah ada sesuatu dalam jantung kita.

Biar jantung tetap sehat, nggak ada saran lain kecuali olahraga teratur.  Kalau kita sudah pernah divonis mengidap penyakit jantung, pahami apa-apa saja yang perlu kita lakukan agar jantung tetap sehat, terapi atau minum obat-obatan bisa mengembalikan kinerja jantung kita.

11. Alergi Makanan

Alergi pada makanan tertentu bukan cuma menyebabkan gatal-gatal.  Kita perlu waspada kalau setelah makan kok rasanya ngantuk berat atau capek luar biasa, bisa jadi kita alergi terhadap makanan tersebut sehingga kita semaput.

12. Fibromyalgia atau CFS

Apaan lagi tuh, nama yang aneh.

Fibromyalgia adalah sindrom kelelahan akut atau bahasa lucunya Chronic Fatigue Syndrome (CFS).  Penyakit ini ditandai dengan kelelahan yang terus berlangsung sampai lebih dari 5 atau 6 bulan. Terkadang ditandai dengan pecahnya pembuluh darah di bagian telapak tangan dan telapak kaki (timbul bercak-bercak dan terasa nyeri saat memegang atau berjalan).

Cara mengatasinya adalah bed rest atau istirahat total selama beberapa hari, ubah jadwal harian, makan makanan bergizi tinggi dan minum multivitamin agar cepat fit.

Oke dah, kita sudah tahu tuh banyak banget penyebab rasa lelah dan capek, tentunya selain aktivitas yang berat ya.  Nah, ternyata menurut penelitian olahraga ringan yang teratur (ingat kudu teratur) bisa mengatasi rasa lelah yang berlebihan.  Jadi kalo liburan lupakan tidur seharian, beraktivitaslah.  Olahraga ringan bisa bikin jantung sehat dan kita tidak cepat lelah.  Selain itu asupan makanan juga penting, kalau seharian cuma makan mie instan doank, mana ada energinya….

Jadi, siapkah kamu untuk terus beraktivitas tanpa rasa lelah??

-YA, SAYA SIAP

written by Noboru Akabara and inspired by :

a. http://bidansmart.wordpress.com/2010/01/27/7-penyebab-rasa-lelah/

b. http://forumkristen.com/komunitas/index.php?topic=12122.0

c. http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/15/08203876/14.Penyebab.Tubuh.Gampang.Capek

d. http://www.webmd.com/sleep-disorders/slideshow-causes-of-fatigue-and-how-fight-it