How to Be Interesting – in 10 (NINE) steps

Kamu merasa bosan dengan hidupmu yang ‘gitu-gitu’ aja?

Setiap hari melakukan aktivitas yang sama, bertemu dengan orang yang sama, berbicara tentang hal-hal yang hampir sama, dan selalu berpikir tentang yang ‘itu-itu’ aja?

Kamu merasa banyak orang yang menilaimu nggak oke, nggak cool, dan nggak menarik?

Nih, saya coba kutip tips super cool dari Jessica Hagy dalam bukunya “How To Be Interesting: In 10 Simple Steps”. Yuk dilihat!

Sebelum kamu menjadi menarik, kamu perlu tahu dong mengapa sih HARUS MENARIK?

Pertama, karena dengan menjadi menarik kamu membatasi penyesalanmu terhadap dirimu dan hidupmu.

Kedua, supaya kamu bisa menhargai dan menghormati dirimu sendiri.

Ketiga, supaya hidupmu nggak ‘gitu-gitu’ aja dan kamu nggak mati karena bosan hidup.

Keempat, hm, karena hidup cuma sekali (YOLO) dan kamu kudu bisa meninggalkan manfaat dan jasa, bukan noda.

Kelima, karena sebenarnya kamu bisa.

Nah, setelah kamu memahami dan menyelami alasan-alasan mengapa dirimu harus menjadi menarik, sekarang saatnya kita mulai langkah-langkahnya. Tapi saya hanya mengutipnya 9 langkah saja. Satu langkah lagi adalah membaca buku aslinya. Hehehe…

1. Langkah 1 : AYO MENGEKSPLORASI!

Ayolah, kamu tidak bisa diam di tempat yang sama terus menerus. Go outside, meet some new people. Kamu boleh punya sedikit sahabat tapi jangan pernah membatasi jumlah temanmu. Makin banyak kamu mengenal orang, makin indah dan menyenangkan hari-harimu.

Ambil libur harian, tapi bukan libur setiap hari! haha…

Maksudnya adalah sediakan sedikit waktu buat mengekslorasi hal-hal yang BELUM PERNAH dan NGGAK BIASA kamu lakukan. Misalnya, pulang sekolah hang out sendirian di gerai es bubble; pulang lewat jalur memutar; bangun pagi saat libur dan olahraga; atau mandi dalam gelap.

Yes, you read it, mandi dalam gelap. Kalo kamu udah pernah ngerasain sensasi mati lampu saat mandi, nah now try it deliberately. Cobalah dengan sengaja! Switch off the lamp and feel the ambient!

Mungkin kamu udah penat sekolah setiap hari dari pagi sampai sore, plus ikutan les ini-itu. Rasanya pengen banget kan saat libur tidur seharian, berdormansi habis-habisan. But, think twice, guys. You should know that’s not a good idea. Kamu perlu tahu ternyata tidur kebanyakan efeknya nggak bagus buat kesehatan.

Nah, cobalah lari pagi saat libur, jogging bareng Gama’88 tiap sabtu pagi pasti seru banget. Pulang jogging, mandi dan berpetualanglah. Kamu nggak perlu pergi ke hutan belantara atau ke negeri antah berantah, karena besok pagi udah masuk sekolah lagi kan. Yang saya maksud pergilah ke tempat-tempat asing yang belum pernah kamu jelajahi. Bagaimana kalau mancing di pemancingan umum? Atau makan di warteg yang belum pernah kamu singgahi? Sounds interesting, right?

2. Langkah 2 : BAGIKAN YANG KAMU TEMUKAN!

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dengan yang lain. Saya dan kamu tidak akan pernah benar-benar sama mengalami dan merasakan sesuatu hal. Maka dari itu berbagilah dengan orang lain. Jangan menunggu diundang, buatlah undangan agar kamu bisa berbagi dengan teman-temanmu. Please, jangan berpikir tentang undangan pesta atau prom night. You don’t need to set a party to invite people just for sharing your experiences.

Maksud saya adalah undang temanmu untuk ikut bergabung dalam pikiranmu. Undanglah mereka dalam obrolan, undanglah mereka untuk sekadar makan siang bersama, berbagi bekal atau curhat di pojok kelas. Mulailah sekarang.

Dengan menjadi terbuka akan hal-hal di luar pikiranmu, kamu akan senantiasa siap menerima setiap informasi. Biarkan semua cerita masuk ke telingamu. Nikmati dan bagikan pengalamanmu.

3. Langkah 3 : KERJAKAN SESUATU. APA SAJA!

Lakukanlah hal-hal yang tidak hanya membuat pikiranmu sibuk tetapi juga tubuhmu aktif. Bermainlah ke rumah sahabatmu dan berdansalah dengan musik favorit kalian. Mengobrollah dengan banyak orang di banyak tempat tentang hal-hal yang membuatmu santai dan relax. Bergabunglah dengan komunitas, baik itu komunitas pecinta kucing, pecinta hotweels, pecinta Iwan Wals atau Slank, atau mungkin komunitas pecinta budaya Jepang atau Korea.

Pokoknya lakukan sesuatu. Ya, sesuatu. Aktiflah.

Tapi jangan berpikir duduk di pojok kamar sambil mengeluh adalah “sesuatu” yang saya maksud. Bukan, sama sekali bukan. Dan asal tahu saja, duduk-duduk sambil mengeluh sama sekali bukan “sesuatu” yang bisa menghasilkan ‘sesuatu’ secara positif.

Jadi, lupakan soal gebetan yang nggak bisa diajak jadian, atau mantan yang bikin galau seharian. Lupakan mereka dan jadilah bahagia. hehe…

Juga jangan berpikir melotot di depan komputer berjam-jam untuk main Dota, Lost Saga, Dragon Nest, atau apapun game-nya adalah hal yang bagus. Kamu boleh jadi kelihatan keren karena level karaktermu di Dragon Nest sudah sampai angka 80, tapi sesungguhnya secara fisik dan mental kamu sama sekali nggak oke.

Jangan heran kalau tiap minggu kamu menderita migrain, pegal-pegal atau kelelahan yang sangat. Itu akibat dari kebiasaan duduk di depan layar monitor tak mengenal waktu. Dan bukan hanya itu, kamu jadi pribadi yang egois, nggak perduli dengan keadaan sekitar, emosional, dan kehilangan tujuan hidup.

Pergilah ke luar. Jadilah volunteer, ikut kegiatan kemanusiaan. Dan kerjakan yang kamu inginkan.

4. Langkah 4 : MANFAATKAN KEUNIKAN KAMU!

Kalau kamu pernah dengar istilah nobody’s perfect, oke that’s good. But I have another proverb that you should know.

In this world, nobody’s normal.

Ya, kamu nggak salah baca dan nggak salah menafsirkan. Di dunia ini memang NGGAK ADA MANUSIA YANG NORMAL. Semua orang aneh, kamu aneh dan begitu juga saya. Aneh.

Nah, kamu memang tercipta memiliki keanehan khusus dan keunikan tersendiri. Jangan disembunyikan. Semua hal yang aneh dan unik dari diri kamulah yang menjadikan pribadimu menarik.

Be yourself, that’s the point!

Jadilah diri kamu sendiri di tempat umum. Nggak usah capek-capek nyontek sana-sini cuma karena ingin menjadi orang lain. Dan kamu nggak perlu meminta maaf karena kamu berbeda. Kamu berbeda karena memang kamu unik. Dan Tuhan menciptakan setiap manusia dengan keunikannya masing-masing. Nggak usah merasa bersalah hanya karena kamu nyaman dengan pakaian usang yang kamu pakai, gaya geeky yang nyeleneh, atau hobi yang nggak biasa (pelihara  macan misalnya).

Yang penting, kamu original, asli, tidak palsu, dan apa adanya.

5. Langkah 5 : MILIKI SEBUAH ALASAN!

Okay, guys. Read this carefully.

If you don’t care about anything, no one care about you.

Kalau kamu nggak peduli pada apapun, NGGAK AKAN ADA ORANG YANG MAU PEDULI SAMA KAMU!

Serius. Ini serius. #pasangMukaKerut2

Ingat apa yang membuatmu menangis. Ingat juga apa yang membuatmu bahagia setengah mati. Dengan mengingat hal-hal yang membuatmu ‘bungkam’ dan hal-hal yang membuatmu terpukau sekaligus akan mendorongmu untuk BERTINDAK dan BERBICARA.

Yes, that’s the reason.

Kamu pasti ingin melakukan sesuatu dengan pamrih. Lakukanlah. Berikan dengan pamrih. Ups, jangan salah tafsir. Ini bukannya bertindak nggak ikhlas. Tapi lakukanlah sesuatu dengan mengharapkan balasan kedamaian. Nyaman rasanya kalau balas dipeluk adik, kakak, mama, papa atau bahkan sahabat-sahabatmu. Bantulah mereka dengan imbalan dipeluk. Dan peluklah dengan hangat dan erat. Betapa senang rasanya setelah memberi. Betapa istimewa rasanya ketika menjadi media kebahagiaan orang lain. Bermurah hati ternyata sangat memuaskan.

Mari kerjakan yang terbaik dengan baik. Korbankan yang biasa demi hal yang luar biasa.

6. Langkah 6 : KURANGI KESOMBONGAN!

Kamu harus percaya bahwa ego bisa menjadi hambatan untuk gagasan dan ide-ide cemerlang. Kalau keangkuhanmu lebih menonjol daripada keahlianmu, siap-siaplah, karena artinya kamu termasuk dalam kategori sosok yang dihindari orang lain.

Males banget kan dengerin orang yang ngomongnya segunung padahal no action. Punya teman yang ngakunya anak band padahal main gitar aja bunyinya masih keriting sungguh nggak enak. Orang yang suka membual memang selalu membuat kita mual. Jadi kamu juga jangan ngagul (membual) aja. Jujur is the best.

Bayangkan saja segala hal yang tidak kamu ketahui. Dan nikmati indahnya kebodohan yang kamu alami sehingga muncul gairah untuk mencari tahu kebenarannya. Asal kamu tahu saja, semua hal yang pernah kamu ketahui sesungguhnya cuma satu bagian yang luar biasa kecil dari informasi yang tersedia di jagat raya. Jadi, janganlah sombong. Don’t be so arrogant and don’t have swagger.

So how to be a not arrogant and boastful person?

Gimana menurutmu caranya biar nggak sombong dan angkuh?

Cukup dengan mendengarkan. Ya, mendengarkan. Kalau kamu merasa malas mendengarkan omongan orang, careful guys, you’re probably arrogant. Belajarlah untuk mendengarkan.

7. Langkah 7 : COBA SAJALAH!

Jadilah pemberani. Beranilah mencoba. Dan cobalah hal-hal baru dan tidak biasa. Kalau kamu tidak pernah meninggalkan zona nyaman, kamu nggak akan tumbuh. Kalau kamu berhenti mencoba saat belajar melangkah, kamu pasti nggak bisa jalan sekarang. Kalau kamu nggak mau mencoba bicara saat kecil dulu, mungkin kamu sekarang bisu.

Katakan dalam pikiranmu, “Kenapa nggak?”

Benar. Itu resep paling mujarab saat mau mencoba sesuatu hal baru yang positif. Bisa mem-boost semangatmu dan membuatmu bergairah. halah!

Jadi, kalau kamu ditunjuk pertama untuk presentasi materi biologi, ‘Kenapa enggak?’.

Bercita-cita menjadi dokter spesialis tulang, ‘Kenapa enggak?’.

Berpetualang di pulau seribu, ‘Kenapa ngggak?’.

Belajar bareng gebetan, ‘Kenapa nggak?’. Hehe…

8. Langkah 8 : JANGAN IKUT-IKUTAN!

Jangan campuradukkan tradisi dengan keharusan. Ragulah pada hal-hal yang bersifat umum, karena yang kamu temukan dimana-mana bukan berarti bagus atau berharga untuk diikuti.

Misalnya, semua orang kalau liburan jalan-jalan ke mall, maka cobalah kamu beralih ke acara CFD (Car Free Day). Seru loh, jalan-jalan saat CFD. Atau saat teman-teman yang lain pusing bikin contekan di kertas yang kecilnya amit-amit, maka akan seru banget kalau kamu bikin contekannya di kertas yang gede-gede dan di tempel di dinding kamar. Epic.

Jadilah yang lebih– seberapa pun skalanya.

Nilai ulangan kamu kemarin dapat 6? Dan kamu remedial satu angkatan? Kamu tidak harus berambisi dapat nilai 10 di ulangan berikutnya. Belajar saja. Jadilah lebih rajin walaupun itu cuma sekadar menambah 30 menit waktu belajarmu, sedikit mengurangi waktu nontonmu, dan sedikit mengurangi waktu online-mu. Sedikit saja, dan rutinlah.

9. Langkah 9 : ABAIKAN CELAAN ORANG!

Pertama-tama kamu harus bisa membedakan mana yang disebut celaan dan mana yang disebut kritik. Akan selalu ada orang yang mengkritik segala hal yang kamu lakukan dan akan selalu ada pula orang-orang yang mencelamu habis-habisan.

Kritik tidak sama dengan celaan.

Dan sebelum kamu menghindari itu semua, bercerminlah dan tanyakan dirimu sendiri, seberapa sering kamu mengkritik orang? Pernahkah kamu mencela orang lain?

Agar hidupmu nyaman dan tentunya lebih menarik, buanglah muatan yang beracun. Maksudnya begini, jika kamu memiliki kenangan-kenangan buruk yang melekat pada tempat, sesuatu, bahkan orang: Buang semuanya. Kamu akan merasa lebih ringan.

Hindarilah orang-orang yang membuat kamu merasa lebih buruk. Jangan membalas mereka atau melayani sikap bermusuhan mereka. Satu-satunya cara memenangkan permainan para pencela adalah berhenti mengikuti permainan itu. Carilah teman yang banyak dan seleksilah mereka. Siapa yang bermanfaat bagimu secara positif, keep in touch. Jaga pertemanan kalian.

Yang terbaik yang harus dilakukan adalah menjadi dirimu apa adanya. Abaikan celaan orang lain yang bersifat destruktif. Kritik bersifat membangun hanya jika kamu bisa menggunakannya untuk menjadi lebih baik.

Siapapun boleh saja mengatakan kamu nggak cukup pintar, nggak cukup keren, nggak cukup cerdas, atau nggak cukup menarik. Tapi kamu harus sadari bahwa mereka salah. Ya, mereka salah. Dan kesalahan kamu (atau saya) adalah mempercayai dan meyakininya.  Mereka boleh berpikir demikian, kita harus tetap on the right path. Kita bisa mengubah hal-hal yang buruk pada kita. Ya. Bisa.

Yes, as long as you’re alive, you still can change any thing.

It’s not kidding, selama kamu masih hidup, kamu masih bisa mengubah sesuatu. Dan menjadi lebih baik. (end)

IMG_2486

Okay, bagaimana sekarang? Sudah siapkah kamu menjadi menarik. Remember that this is absolutely not about your physical appearance. This is about you. Your mindset and your personal value. 

Baiklah, saya hanya sampaikan sembilan langkah sederhana dari buku Jessica Hagy. Dan saya tidak membahasnya secara mendetail. Kalau kamu penasaran dan ingin baca buku How to Be Interesting: in 10 Steps, tuliskan biografi singkat Jessica Hagy dengan gaya bahasa kamu sendiri di kolom komentar dan tuliskan  akun twitter atau facebookmu. Saya akan kabari siapa saja yang berhak mendapatkan buku Jessica Hagy ini secara GRATIS. Batas waktunya sampai tanggal 15 Februari 2014.

Saya tunggu.

Iya. Benar. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s