Penyebab Lelah dan Capek. ADUH CAPEK DEH!

Sering banget denger orang ngomong “Capek banget dech!”, atau “Hari ini gue bete, capek banget pokoknya!”

Nah, loh!

Kenapa tuh kok capek terus…

Kalau kita habis marathon 7 kilo atau abis ngangkut pasir satu truk (buset! satu truk diangkut!!) ngerasa capek sih BIASA BANGET! Tapi kalau kita nggak melakukan aktivitas yang berat ternyata merasa capek juga (lelah sepanjang zaman. hehe…), Nah, kita kudu cek tuh apa penyebabnya…Jangan-jangan ada penyakit yang berbahaya loh…ih, kok jadi serem.

Tapi memang, ada beberapa penyebab yang menjadikan kita merasa lelah dan capek meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga berlebihan, kerja kuli, atau jadi tukang panggul dan tukang becak.  Yuk kita lihat apa ajah yang menyebabkan kita lelah padahal seharian santainya minta ampun.

1. Tidur kita kurang

Rata-rata orang kudu tidur sekitar 7-8 jam semalam (bukan seharian). nah kalau tidur kita kurang otomatis pagi harinya kita bakal merasa capek, letih, lesu, dan tidak bergairah. Banyak dampak buruknya, seperti : di kelas, ngantuk (nggak bisa konsentrasi); di kantin, lemes (makan nggak nafsu); saat ulangan matematika, ngantuk (yang lain udah selesai kita malah molor); di jalan, tidur (waduh, jatoh dah dari sepeda or motor–serem kan).

Makanya kita kudu menyiasati waktu tidur kita.  Nggak usah deh nonton sinetron sampe tengah malam, atau main game sampe pagi.  Apalagi yang hobinya ngenet dan chat sampe subuh.  Nantinya di sekolah malah cuma numpang tidur, pura-pura sakit biar bisa seharian di UKS.  Dan kalo mau tidur juga jauh-jauh tuh dari handphone, PDA, laptop, BB, komputer, tv, dvd, cd player, PSP, xbox atau PS3.  Selain karena bikin tidur kita terganggu, kita juga jadi terlihat seperti tidur di gudang.

2. Sleep Apnea

Udah tidur kita kurang, eh kualitas tidur kita dicolong sama “Sleep Apnea”.  Alhasil kita nggak bisa tidur nyenyak sampe pagi. Btw Sleep Apnea tuh siapa ya…?

Sleep Apnea tuh keadaan sulit bernafas (nafas terhenti beberapa detik) saat tidur.  Wew, kalo tuh nafas berhentinya terus-terusan bisa berabe donk, kalo mokat gimana? Sleep apnea terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Akibatnya, pasokan oksigen akan berulang kali terhenti sepanjang malam.

Nah, Sleep Apnea ini ada kaitannya dengan ehem, berat badan, darah tinggi, gangguan jantung, diabetes dan stroke.  Makanya buat yang rada maaf–‘gemuk’, kurangi berat badan dan olahraga secara teratur biar jantung sehat.  So Sleep Apnea bakalan minggir dari tidur kita.

3. Kurang asupan energi

Mengurangi berat badan (diet) bukan berarti mengurangi makan secara drastis.  Karena kalau makan kita juga kurang (kurang asupan berprotein), badan kita juga bakal cepat lelah.  Jadi makanlah makanan yang sehat dan bernutrisi, jangan sering ketinggalan makan, selain beresiko terkena maag juga mengganggu kesegaran tubuh kita.

Nah, selalu sarapan setiap pagi dan mencoba menambahkan protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. kitajuga dapat mengonsumsi makanan selingan untuk menjaga energi sepanjang hari. Oke…?

4. Anemia

Kurang darah (biasanya cewek nih pas lagi haid) bisa menyebabkan keletihan dan capek sepanjang hari (makanya suka ngomel-ngomel terus..hehehe).  Tapi bukan berarti anemia tidak bisa menyerang cowok.  Anemia sendiri adalah kurangnya zat besi dalam darah, jadi cewek atau cowok bisa jadi kena anemia.

Supaya kebutuhan zat besi dalam darah terpenuhi, maka kita kudu makan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, atau kalau perlu minum deh tuh suplemen penambah zat besi biar badan gak cepat capek.

5. Depresi

Mau sekolah, stress.  Bayangin gurunya yang killer abis dan pelajaran yang nggak asik.  Mau ulangan, lebih sress lagi.  Bayangin kalo soalnya susah, pengawasnya galak, dan nilai kita anjlok.

Waduh, kenapa juga dibuat susah.  Sekolah itu bukan tempat buat bersusah payah, tapi tempat buat belajar dan gaul.  So, santai ajah, cuek dan pede serta yakin pada diri sendiri.  Depresi atau stress itu tergantung pikiran kita, kalau kita selalu berpikir negatif, maka kita bakalan stress dan depresi tingkat tinggi  (nanti malah kena stroke loh!!). Makanya badan kita tuh rasanya capek banget dan lelah seharian.

Kalau kita sering merasa depresi dan stress bolehlah kita ikut psikoterapi atau penanganan medis yang berkaitan dengan hal tersebut.  Latihan berpikir positif akan mengurangi tingkat depresi kita.

6. Kebanyakan ngopi

Ngopi di sini bukan photo kopi lembar kerja atau makalah.  Tapi kebanyakan minum kopi (yang mengandung kafein) bisa bikin kita malah lelah dan capek.

Emang sih, kata orang-orang tuh minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, tapi itu dalam batas normal loh.  Kalo minumnya segalon atau malah seember, jadi kebanyakan kafein deh, akibatnya jantung jadi berdebar-debar, tekanan darah meningkat, atau malah kejang.

Nggak mau kan, makanya kurangi deh minum kopi atau minuman lain yang juga mengandung kafein seperti teh, coklat, minuman ringan dan beberapa obat yang emang mengandung kafein.

7. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kamu pernah mengalami ISK? Rasanya biasanya nyeri dan terbakar di saluran kemih.  Tapi ternyata gejalanya nggak cuma itu aja chuy, cepat lelah dan capek juga bisa menjadi gejala terkena ISK. Ih, waw.

Coba deh periksa ke dokter (tes urine), kalau memang kamu terkena ISK bakal diresepkan obat-obat jenis antibiotik untuk mengatasi si ISK dan rasa mudah lelah dan capek pun bakal segera hilang setelah seminggu atau lebih.

8. Diabetes

Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, Nah, tapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi.

Akhirnya, tubuh bisa kehabisan energi meskipun kamu cukup makan. Kalau kita sering mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas, segera deh periksa darah (tes diabetes).

Kalo udah kena diabetes, coba ubah gaya hidup kita, diet dan olahraga teratur, terapi insulin dan obat-obatan bisa membantu tubuh kita dalam memproses gula.

9. Dehidrasi

Rasa capek dan lelah bisa jadi karena kita dehidrasi.  Meskipun kita cuma duduk-duduk seharian di sekolah bukan berarti kita tidak bisa dehidrasi.  Tubuh kita butuh asupan air mineral (air putih) yang cukup untuk membantu proses metabolisme.  Salah satu tanda kita dehidrasi adalah rasa haus.

Dalam sehari kita perlu meminum banyak air putih sampai urine kita berwarna kuning jernih.  Kalau kita pipis dan urine kita berwarna kuning pekat, itu artinya kita kurang minum air putih.  Minumlah air putih setiap jam sebanyak dua gelas, dijamin kita nggak bakalan dehidrasi dan merasa capek berlebih.

10.  Penyakit Jantung

Kalau ngepel satu sekolah, wajar ajah kita kecapekan.  Tapi kalau cuma ngepel satu kelas terus rasanya kayak maraton puluhan kilo, itu baru nggak wajar.  Jangan cuek sama kondisi tubuh sendiri, begitu kita sadari pekerjaan yang ringan terasa sangat berat berarti kita perlu chek up ke dokter, kali ajah ada sesuatu dalam jantung kita.

Biar jantung tetap sehat, nggak ada saran lain kecuali olahraga teratur.  Kalau kita sudah pernah divonis mengidap penyakit jantung, pahami apa-apa saja yang perlu kita lakukan agar jantung tetap sehat, terapi atau minum obat-obatan bisa mengembalikan kinerja jantung kita.

11. Alergi Makanan

Alergi pada makanan tertentu bukan cuma menyebabkan gatal-gatal.  Kita perlu waspada kalau setelah makan kok rasanya ngantuk berat atau capek luar biasa, bisa jadi kita alergi terhadap makanan tersebut sehingga kita semaput.

12. Fibromyalgia atau CFS

Apaan lagi tuh, nama yang aneh.

Fibromyalgia adalah sindrom kelelahan akut atau bahasa lucunya Chronic Fatigue Syndrome (CFS).  Penyakit ini ditandai dengan kelelahan yang terus berlangsung sampai lebih dari 5 atau 6 bulan. Terkadang ditandai dengan pecahnya pembuluh darah di bagian telapak tangan dan telapak kaki (timbul bercak-bercak dan terasa nyeri saat memegang atau berjalan).

Cara mengatasinya adalah bed rest atau istirahat total selama beberapa hari, ubah jadwal harian, makan makanan bergizi tinggi dan minum multivitamin agar cepat fit.

Oke dah, kita sudah tahu tuh banyak banget penyebab rasa lelah dan capek, tentunya selain aktivitas yang berat ya.  Nah, ternyata menurut penelitian olahraga ringan yang teratur (ingat kudu teratur) bisa mengatasi rasa lelah yang berlebihan.  Jadi kalo liburan lupakan tidur seharian, beraktivitaslah.  Olahraga ringan bisa bikin jantung sehat dan kita tidak cepat lelah.  Selain itu asupan makanan juga penting, kalau seharian cuma makan mie instan doank, mana ada energinya….

Jadi, siapkah kamu untuk terus beraktivitas tanpa rasa lelah??

-YA, SAYA SIAP

written by Noboru Akabara and inspired by :

a. http://bidansmart.wordpress.com/2010/01/27/7-penyebab-rasa-lelah/

b. http://forumkristen.com/komunitas/index.php?topic=12122.0

c. http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/15/08203876/14.Penyebab.Tubuh.Gampang.Capek

d. http://www.webmd.com/sleep-disorders/slideshow-causes-of-fatigue-and-how-fight-it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s