Pusing Soal Concord!!!

Beneran. Kalau ketemu soal-soal tentang concord, sering banget bikin kepala pening. Jangankan menjawab soalnya, mencerna kalimatnya aja kadang kayak menelan biji kedondong. hopeless.

Emang sebenarnya siapa sih si Concord ini?

Concord bisa merupakan nama tempat di Alabama, United State; nama desa di Sunderland, UK; atau nama gunung di Antartika. Tapi yang mau saya bahas di sini bukan mereka semua. Saya mau ngomongin tentang soal bahasa Inggris. Dan concord ini sering banget keluar di Ujian Nasional. Soalnya sederhana tapi kalo pikiran kamu nggak nyambung bisa jadi soal malapetaka.

Di bahasa Inggris, concord atau agreement adalah penyesuaian unsur-unsur pembentuk suatu kata, frase, atau kalimat dengan tata bahasa yang berlaku. Jadi kita biasanya diminta menjawab dengan suatu kata atau frase yang “nyambung” dengan pola tata bahasa yang dipakai dalam suatu kalimat. Kenapa beginian bisa bikin pusing? ya karena kita nggak bisa menjawabnya sembarangan, dan kudu paham pola tata bahasa yang dipake yang seperti apa. That’s the point! You got it?

Contohnya begini,

Schools influence ________and how they behave.

a. students think that
b. students think it
c. what students think
d. that students think
e. students thinking what

Nah, itu yang ada garis bawahnya kamu isi dengan pilihan frase a, b, c, d atau e. Mana menurutmu yang paling tepat? Jangan asal itung kancing! perhatikan pola kalimatnya.

Kamu lihat frase di belakang kata “and“, kan? Ada “how they behave“, diawali kata tanya (how). So karena kata penghubung “and” ini menunjukkan kesejajaran, maka yang sebelum kata “and” juga kudu mengandung kata tanya. Dan tentu saja kata tanyanya harus berada di depan. Jadi jawabannya apa sodara-sodara?

c.

Betul.

Kalimat utuhnya menjadi, “Schools influence what students think and how they behave.

Do you understand? No? Neither do I….hehehe…

Okay, concord ini ada EMPAT jenis. Ingat EMPAT jenis! jadi kamu harus paham keempat jenis concord ini. Apaan aja tuh?

Baca lebih lanjut

Second Parent Meeting

Bulan Desember kemarin ada pertemuan orangtua yang diadakan di setiap cabang Gama’88 Bekasi. Memang tidak semua siswa yang orangtuanya diminta ikutan hadir dalam pertemuan tersebut. Mereka yang diundang adalah siswa/i yang duduk di kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA.

Why?

Karena kelas-kelas tersebut, biasanya disebut ‘kelas ujung’, bakal menghadapi event akbar tingkat nasional yaitu Ujian Akhir Nasional yang namanya udah ganti-ganti kayak buronan polisi yang identitasnya nggak pasti. Ada banyak informasi yang disampaikan kepada orangtua terkait dengan Ujian Nasional SD yang sudah tidak ada, Ujian Nasional SMP yang pelaksanaannya diundur sampai bulan Mei 2014, dan perihal prosesi pendaftaran dan pemilihan jurusan di SNMPTN atau SBMPTN buat yang kelas 12 SMA.

Pada saat pertemuan orangtua tersebut juga ada material yang diberikan berkaitan dengan informasi itu semua dan jadwal kegiatan yang akan digelar Gama’88 Bekasi sepanjang semester 2 ini. Dari pelaksanaan Tes Standar 3 dan 4, Simulasi UN 1, 2 dan 3 sampai kegiatan seperti motivation class dan doa bersama juga disampaikan. Sayangnya tidak semua orangtua yang diundang bisa hadir dalam pertemuan tersebut. Beberapa orangtua  terpaksa tidak hadir karena keperluan pekerjaan, acara keluarga, atau enggan (what? enggan?), ups maksudnya ada kegiatan lain yang lebih penting. Yeah, though I don’t know if there’s another activity which is more important than meeting about their kid’s future. Just wonder. hehe…

Nah, buat kamu yang orangtuanya kemarin nggak bisa hadir dan pengen tahu informasi apa aja yang disampaikan selama pertemuan, boleh kamu tanya sama bagian administrasi atau bagian akademik di cabang tempat kamu belajar. Jangan sampai kamu dan orangtuamu kudet dan nggak ngerti sama sekali perihal Ujian Nasional ini. Bilang sama Papa-Mama mereka (dan kamu juga) perlu banget kepo sama urusan beginian, kecuali kalau kamu memang nggak niat ikut Ujian Nasional  tahun ini alias udah niat ngulang belajar di kelas yang sama. Oh, no. jangan ya…

Ini adalah materi handout yang diberikan saat pertemuan orangtua, kamu bisa lihat dan download.

Klik link berikut ya…

Parents Meeting Handout

 

 

 

 

 

 

 

 

http://online.flipbuilder.com/olij/nqjz/

Let’s Read! Ayo Baca!

passion_for_reading_by_a_moora_h-d4xlifw

Ayolah, basi banget kalo masih mikir males buat baca. Udah nggak zamannya ngegosip tanpa sumber dari bahan bacaan. Biar ngegosip terasa lebih aduhai, sisipkan info-info up to date dari hal-hal yang kita  baca. Ya, kita emang kudu baca. Lagipula, sebenarnya kamu udah punya hobi baca yang lumayan oke. Coba dihitung deh, berapa kali kamu baca chat-chat panjang di BBM, Whatsapp, WeChat, Line, Skype atau SMS. Nah, itu udah merupakan basic skill yang bagus buat latihan membaca yang ‘lebih bermanfaat’.

Saya bukannya mau bilang chat-chat yang kamu baca adalah hal yang nggak penting. Tapi seberapa besar isi dari chat-chat kamu yang sarat dengan informasi bermutu. Paling-paling cuma info tentang teman-teman satu sekolah, keluhan soal-soal ulangan yang susah, atau gebetan yang nggak bakalan jadi pacar. Aduh, curhat! 😦

Kalo dijabarkan satu per satu, manfaat membaca ada seabrek-abrek banyaknya. Nah, makanya saya cuma mau kasih lima aja. Tapi ini penting. I swear. This is even more important than your chat about your girlfriend or boyfriend. Check these out!

Pertama, nambah kosakata. Semakin berkembang bahan bacaan kamu semakin banyak kosakata yang bisa kamu kuasai. Meskipun kamu nggak berniat jadi presenter berita dengan vocabulary tingkat dewa, menambah kosakata bisa meningkatkan pemahamanmu dalam berkomunikasi.

Kedua, nambah informasi. Semakin banyak bahan yang dibaca, semakin banyak informasi yang bisa kamu peroleh. Dan semakin banyak informasi yang kamu dapat, maka semakin peka pikiran kamu untuk memfilter mana fakta, mana opini dan mana yang cuma hoax doang. Jadi nggak ada tuh alasannya ngirim broadcast message dengan info ngibul yang bahkan kamu sendiri nggak ngerti kebenarannya seperti apa.

Ketiga, melatih diri kita untuk fokus. Meskipun ada teknik membaca cepat yang tidak memerlukan fokus penuh, namun kamu tetap harus mampu menyimpulkan sebuah general idea dari sebuah bahan bacaan. Nggak mungkin kamu lagi baca cerpen teenlit tapi pikiranmu malah melantur ke adegan Drexter yang kejam. Jadi kalau mau melatih fokus pikiran, bacalah. Dan tuntaskan bacaanmu, jangan setengah-setengah!

Keempat, bikin relax. Percaya deh, dari baca info singkat di majalah dan koran sampai baca novel yang tebalnya amit-amit memang bisa menurunkan tingkat depresi. Bahkan baca buku Zodiac Serial Killer pun (which is butuh banget mikir) tetap bisa bikin kita relax. Coba deh. Percaya sama saya! haha…

Kelima, mencegah dari penyakit alzheimer. Kamu tahu film drama Korea ‘A Moment To Remember‘ atau filmnya Ryan Gosling ‘Notebook‘? Nah dua film itu menggambarkan bagaimana seseorang yang mengidap alzheimer. Nah, biar kamu nggak kena alzheimer saat masih muda, sering-sering deh membaca.

Nah, masalahnya adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan minat baca yang kurang biar nggak gampang ngantuk plus boring tingkat pagoda?

Saya bakal kasih tips detailnya di lain kesempatan. Tapi intinya, biar minat baca bisa nambah, cobalah membaca bacaan yang ringan dulu. Yang terpenting adalah bertahap. Ingat, bertahap. Jangan napsu mau baca Harry Potter maraton dari buku tahun pertama sampai tahun ketujuh sementara minat baca masih belum mantep. Cobalah dari baca majalah yang ringan, kemudian koran, novel ringan dan selanjutnya novel sekelas Lord of The Ring atau The Hobbit.

Nggak suka bacaan fiksi? Okay, kamu bisa memcoba baca bahan-bahan nonfiksi kayak buku pelajaran, RPUL sampai jurnal ilmiah dari banyak kampus. Euh, mendadak saya mual. haha…

Intinya adalah mulailah membaca dari sekarang.

Kalau nggak sekarang cobalah besok. Kalau nggak besok cobalah lusa. Kalau nggak lusa? Yaudah kamu baca broadcast message aja sama pantengin timeline twitter. Itu artinya kamu udah nggak ketolong.

Nah, buat latihan baca kamu bisa mulai dengan baca koran di Gama’88. Setiap cabang Gama’88 berlangganan koran Kompas. Atau kalau mau bacaan yang lebih asoy, di Gama’88 Vila Nusa Indah ada majalah intisari dan SG Magazine (Student Globe by Jakarta Globe). Makin banyak experiences membaca, makin oke isi otak kamu.

Ayo baca!!