Kenapa Harus Tes Standar?

Hm, kenapa sih di Gama harus ada Tes Standar?

Banyak banget nih adek-adek yang menanyakan hal begini. Alasan mereka simple, mereka kan ikut bimbel karena ingin belajar, tapi kok harus ada tes juga, sudah pusing dengan tes di sekolah ditambah lagi dengan tes di tempat bimbel.

Nah, ya sebenarnya begini. Proses pembelajaran itu tidak berhenti hanya sampai belajar saja. Harus ada tolak ukur pencapaian hasil belajarnya. Jadi, kalau kalian sudah belajar tentu kalian ingin tau kan sampai sejauh mana pemahaman kalian. Nah, salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menempuh tes.

Sebenarnya untuk mengetahui tingkat pemahaman kamu terhadap suatu materi tidak hanya melalui tes tertulis. Mengukur tingkat keberhasilan belajar bisa lewat wawancara, diskusi, atau mengerjakan pekerjaan rumah, membuat tugas kelompok, paper, sampai membuat praktikum. Itu semua tujuannya sama, mengetahui tingkat pemahaman dan kematangan belajar kamu.

Nah, karena kalau di Gama’88 tidak mungkin diberikan tugas atau praktikum, maka cara paling ampuh dan relevan adalah dengan tes tertulis sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas. Nama tes tertulis yang diadakan di Gama’88 adalah Tes Standar yang diadakan secara rutin setiap dua bulan sekali.

Sebenarnya tujuan dari Tes Standar bukan hanya untuk mendapatkan nilai suatu mata pelajaran kok, tapi juga untuk melatih kamu untuk mengisi lembar jawaban komputer, dan juga untuk melatih kedisiplinan. Kok bisa? Iya dong. Di Gama’88 kalau kamu tidak memenuhi syarat untuk ikut tes seperti membawa kartu tes dan presensinyang sudah ditempeli photo atau pensil 2B dan penghapus, maka kamu tidak diperkenankan mengikuti tes… Tuh, kan. Itu kan sama. Saja dengan melatih disiplin….

Jadi sudah siapkah kamu mengikuti Tes Standar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s