KAMUS online

Kalo udah denger kata kamus biasanya yang ada di benak kita adalah sebuah buku yang tebalnya minta ampun, yang berisi sekumpulan kata beserta artinya.

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak kata-kata asing yang belum kita ketahui artinya.  Nah, kalo udah bingung biasanya kita bakal nanya orang tentang kata-kata asing tersebut, tapi kalo yang ditanya juga bingung ya jangan bingung berjamaah donk.  Buka kamus dan cari deh kata-kata sulit tersebut.

Emang betul tuh, buat sebagian orang buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) lebih berat ketimbang bawa tuh kamus kemana-mana.  Terus gimana nih menyiasati kebingungan kita pada makna suatu kata sementara kita males banget buka kamus.

Kalo kata Bu Farida (Guru Bhs Ind saya waktu SMA), salah sendiri kalo kita banyak gak tahu istilah baru Bhs Indonesia kalo kita males buka kamus.  Kalo udah males, ilmu apapun bakalan males juga deketin kita.

Tapi kayaknya memang kita kudu pikirin tuh, di jaman yang serba moderen dan mudah, kayaknya gak asik banget dech kemana-mana bawa kamus segede gaban, ditenteng-tenteng sok banget doyan baca.  Sekarang tuh udah era digital, apa-apa udah serba ringkas, tinggal pijit terus liat, gampang kan?

Nah, tapi kalian udah pada punya belum tuh kamus bhs indonesia versi digitalnya?

Buku pelajaran sekolah aja sekarang sudah ada format pdfnya (e-book), masa kamus nggak ada sih…?

Buat kalian yang di rumah bisa online 24 jam (unlimited maksudnya) atau bisa sering buka internet kapan ajah, boleh deh dicoba KBBI online. Kalo nemu kata yang susah, langsung ajah tulis katanya dan enter, server akan otomatis cari arti dari kata yang bersangkutan. Wuih gampang banget ya…

KBBI online bisa kalian buka di browser dengan alamat :

http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

nanti bakal langsung kebuka tuh halaman resmi KBBI yang emang sengaja dibuat pemerintah buat mempermudah kita.

Terus, ada nggak ya KBBI versi mobile? sampai saat ini sih saya belum nemuin tuh yang bisa diopen dengan browser di hape.  Mungkin masih dalam pengembangan, kita tunggu ajah ya…

Tapi kalo kamus Bhs Inggris, tinggal install ajah aplikasi snaptu di hape yang punya fasilitas java, di situ ada widget dictionary yang bisa kita pake buat nyari arti kata Bhs Inggris.  Tapi tetep online juga tuh (kena pulsa).

Atau kalau ada yang berminat, saya punya program kamus basis java gratis yang gak pake online.  Tentunya punya kelemahan donk yaitu ada banyak kosa kata baru yang gak bisa kita temuin, soalnya gak real time sih…

Jadi, hari gini masih bingung mau buka kamus? Jangan deh, mending buka wikipedia (tapi masih tidak terlalu lengkap untuk kosakata Bhs Indonesia).  Atau langsung ajah buka KBBI online…budayakan produk dalam negeri ya chuy…

Nb :

Kalo mau tahu arti kamus secara lengkap bisa buka situs berikut :

1) http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php

2) http://id.wikipedia.org/wiki/Kamus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s