Bangun Datar yang PASTI SEBANGUN

banyak neh yang nanyain soal kesebangunan kayak gini (padahal sebenarnya udah paham)

Asked by several students in Harapan Jaya.

“Mas, saya bingung ngejelasinnya bangun datar apa yang udah pasti sebangun dan alasannya.”

Pokoknya bangun datar yang sudah PASTI SEBANGUN tuh yang BERATURAN :

1) Segitiga beraturan — Nama lainnya segitiga sama sisi.

2) Segiempat beraturan — Nama kerennya persegi.

3) Segibanyak beraturan — Bolehlah disebut segi-n beraturan (cont: segi enam beraturan)

4) Segi tak hingga — LINGKARAN

Lantas alasannya apa? Karena setiap pasangan bangun yang beraturan memiliki semua syarat kesebangunan, apa saja tuh :

1) Semua sudut-sudut yang bersesuaian (seletak–mirip tempatnya) besarnya sama.

2) Sisi-sisi yang bersesuaian (seletak) memiliki perbandingan yang tetap.

Perlu diingat dua bangun YANG SEBANGUN BELUM TENTU KONGRUEN.

tapi kalau dua bangun YANG KONGRUEN SUDAH PASTI SEBANGUN.

Karena SEBANGUN artinya mirip doank, sementara KONGRUEN adalah kembar identik.

Hehehe…kalau ada yang mau menambahkan silakan isi di komentar ya..

About these ads

39 pemikiran pada “Bangun Datar yang PASTI SEBANGUN

  1. kak numpang nanya ……. saya di kaish PR Guru nich aku gak bisa di suruh tentukan bangun datar yang pasti sebangun nach ini gimana kak ….. ? THX

    • Maaf baru bales, soalnya sudah ada dipostingan loh Dek… Itu loh, yg pasti sebangun yang ciri-cirinya beraturan….

      Segitiga sama sisi
      Segitiga siku-siku sama kaki
      Persegi
      Lingkaran
      Segi-n beraturan (contoh: segi tujuh beraturan)

    • Hm, alasannya begini…
      ciri-ciri belah ketupat adalah memiliki panjang sisi yang sama semua, tapi sudutnya tidak. Sudut-sudut yang berhadapan memiliki besar yang sama. Nah karena itulah dua buah belah ketupat belum tentu memiliki besar sudut seletak yang sama. Bahkan, dua buah belah ketupat dengan panjang sisi yang sama belum tentu memiliki sudut-sudut seletak yang sama besar.

      Nanti Mas coba tampilkan dalam bentuk gambar biar lebih jelas lagi pemahamannya.
      Thank you for asking, we hope we can help you.

    • coba disederhanakan= 12 x 16 x 20 —> semuanya bisa dibagi 4 jadi perbandingan sederhananya 3 x 4 x 5

      Nah, cari angka lain yang memiliki bentuk sederhana yang sama yaitu 3 x 4 x 5 (sebenarnya angka-angka ini adalah triple pythagoras). Cari angka yang merupakan kelipatan 3, 4 dan 5.

      jawabannya ada tak terhingga…
      Beberapa contohnya
      9 x 12 x 15 —–> 3,4,5 masing-masing dikali 3
      30 x 40 x 50 —–> 3,4,5 masing-masing dikali 10
      37062 x 49416 x 61770 —–> 3,4,5 masing-masing dikali 12354

      Semoga membantu.

      • maksud dari n yang ada di segi-n itu berarti seginya bisa berapa aja. contohnya segi-5 beraturan, segi-6 beraturan, segi-7 beraturan, segi-8 beraturan dan seterusnya.

        Sementara maksud dari beraturan adalah semua panjang sisinya sama, semua besar sudutnya juga sama.
        Ok. Maaf ya terlambat balasnya.

  2. kak mau nanya,,,selain persegi, segitiga sama sisi dll yg sebangun yg sdh di sebutkan di atas ,,, apalagi ya kak yg sebangun…

    • Seperti yang sudah Mas sebutkan sebelumnya, segi-n beraturan itu selalu sebangun.
      Berarti kamu bisa sebutin tuh sebanyak-banyaknya:
      segi lima beraturan
      segi enam beraturan
      segi delapan beraturan
      segi dua puluh tiga beraturan
      segi seratus tujuh puluh beraturan

  3. Kak, tanya dong,
    Kan ada 2 buah gambar segitiga siku-siku. Segitiga 1: 3 cm, 4 cm, dan 5 cm.
    Segitiga 2 : 5 cm, 12 cm, dan 13 cm.
    Nah, kedua segitiga di atas sebagun atau tidak ??
    Mohon penjelasannya kak.

    • Contoh yang paling umum adalah ubin berbentuk persegi.

      Selain itu bisa juga photo yang sebangun dengan bingkainya.

      Semua peta dibuat sebangun dengan ukuran aslinya, begitu juga model pesawat mainan, robot-robotan gundam, atau replika rumah dalam ukuran yang lebih kecil.

    • Apanya yang mau dianalisis…. ? Kalau yang mau dianalisis tentang kesebangunannya, tinggal diperiksa apakah semua syarat kesebangunan ada pada dua layang-layang tersebut. Baiknya kamu baca lagi artikelnya dari awal dan materi yang ada di buku pelajaran.

    • Tidak semua pasangan segitiga pasti sebangun. Coba dibaca lagi artikelnya ada dua jenis segitiga yg pasti sebangun yaitu:

      - dua buah segitiga sama sisi
      - dua buah segitiga siku-siku sama kaki

  4. .apakah setiap dua segitiga sama kaki pasti sebangun??!
    .apakah setiap dua persegi panjang pasti sebangun?!
    .apakah setiap dua jajargenjang pasti sebangun?!

  5. kak mau nanya
    trapesium EFGH memiliki besar EF 6 cm, FG 4 cm, dan sudut FEH 70 derajat, garis HE tidak diketahui
    lalu trapesium KLMN memiliki besar KL 9 cm, LM 6 cm, MN tidak diketahui dan sudut KNM 110 derajat
    nah, yang ditanyakan apakah kedua trapesium diatas sebangun dan tunjukkan
    please help me

    • Coba dibaca lagi apa itu syarat dua bangun yang sebangun…
      Kalo semua syarat kesebangunan telah dipenuhi, maka dua bangun tersebut sebangun…
      Dibaca pula bangun-bangun datar yang sudah pasti sebangun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s